Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 14 Februari 2014

Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Yudha Haris | 16.46

ARTIKEL TERKAIT:

Pernyataan umum                                 :

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi
akibat pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang mengakibatkan guncangan. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah dekat gunung berapi dan juga daerah yang dikelilingi oleh lautan luas.

Deretan penjelas / Eksplanasi          :

            Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung berapi yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi juga dapat disebabkan oleh meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi, runtuhan tambang atau tebing kapur, serta buatan manusia ( misalnya peledakan dinamit, nuklir dan lain-lain.). gempa bumi muncul tiba-tiba dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi terbagi menjadi lima, yaitu gempa tektonik, vulkanik, tumbukan, runtuhan, dan buatan. Gempa tektonik disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng bumi secara mendadak yang mempunyai kekuatan kecil hingga besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan dan bencana alam di bumi.
Gempa bumi vulkanik disebabkan oleh aktivitas gunung berapi, biasanya terjadi sebelum dan saat gunung berapi meletus, gempa vulkanik hanya terjadi di sekitar daerah gunung berapi.
Gempa tumbukan disebabkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi, jenis gempa bumi ini sangat jarang terjadi. Gempa bumi runtuhan disebabkan oleh adanya bangunan atau tebing yang runtuh, gempa bumi runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur dan pertambangan. Gempa bumi buatan disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, peledakan nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.

Interpretasi                                                         :

Gempa bumi dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Namun, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja. Meskipun demikian, kita tetap harus waspada terhadap terjadinya gempa bumi supaya kita tidak menjadi koraban bencana alam gempa bumi.

Yudha Haris WeBlog Sites © 2013. All Rights Reserved | Powered by-Blogger

Distributed By-Blogspot Templates | Designed by-Windroidclub