Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 07 September 2012

Perkembangbiakan pada Hewan

Yudha Haris | 20.10

ARTIKEL TERKAIT:

Hewan memiliki dua tipe perkembangbiakan, yaitu secara kawin(generatif) dan tidak kawin(vegetatif).
Untuk lebih jelasnya pelajari uraian berikut ini
PERKEMBANG BIAKAN SECARA KAWIN (GENERATIF)
Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel sperma dihasilkan oleh hewan jantan dan sel telur oleh hewan betina.
Berdasarkan caranya, pembuahan pada hewan dibedakan menjadi dua. Pertama, pembuahan di luar tubuh. Kedua, pembuahan di dalam tubuh.
A. Pembuahan di luar tubuh (fertilisasi eksternal)
Pembuahan di luar tubuh ter
jadi karena penggabungan sel telur dengan sel sperma terjadi di luar tubuh induknya. Contohnya, pada ikan dan katak.
B. Pembuahan di dalam tubuh (fertilisasi internal)
Pembuahan didalam tubuh artinya penggabungan sel telur dan sel sperma terjadi di dalam tubuh terutama pada kelompok reptilia (hewan melata), unggas, dan mamalia (hewan menyusui)
Perkembangbiakan secara kawin pada hewan dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
A. Bertelur (ovipar)
Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang.
Embrio didalam telur ini dilengkapi dengan kuning telur (yolk). Kuning telur berfungsi sebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telah tumbuh sempurna. Telur akan menetas dan keluarlah individu baru.
Contoh hewan yang berkembang biak dengan ovipar ialah ayam dan penyu.
B. Melahirkan (vivipar)
Pada hewan yang melahirkan anak, sel telur dibuahi oleh sperma di dalam tubuh induknya. Embrio akan berada di dalam tubuh induknya sampai waktunya dilahirkan. Contoh hewan yang melahirkan ialah sapi dan singa.
C. Beranak dan Melahirkan (ovovivipar)
Selain hewan vivipar dan ovipar, ada juga hewan yang dapat bertelur-melahirkan. Pada hewan tersebut, setelah terjadi pembuahan, telur terus berkembang di dalam tubuh induk. Makanan yang dibutuhkan embrio tidak berasal dari induk. Akan tetapi, makanan berasal dari cadangan makanan yang terdapat dalam telur. Setelah tiba waktunya dilahirkan, anaknya akan keluar dari tubuh induknya. Contohnya paus dan ikan pari.
2. Perkembangbiakan secara tidak kawin (vegetatif)
Perkembangbiakan secara vegetatif hanya terjadi pada hewan tingkat rendah. Perkembangbiakan secara vegetatif antara lain.
A. Tunas
Perkembangbiakan dengan cara tunas dilakukan pada Hydra. Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan lepas dari tubuh induknya dan berkembang menjadi individu baru
B. Fragmentasi
Fragmentasi adalah perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri. Contohnya planaria. Jika kita potong salah satu bagian tubuhnya maka tubuh itu akan tumbuh menjadi individu baru.
Sekian.,,,,,,,,,,

Yudha Haris WeBlog Sites © 2013. All Rights Reserved | Powered by-Blogger

Distributed By-Blogspot Templates | Designed by-Windroidclub